Monday 10 September 2012

JANGAN BIARKAN KEKECEWAAN MERUSAK KEBAHAGIAAN HIDUP INI!


Oleh: Sugiman

Mungkin Anda sepakat jika saya mengatakan bahwa sebagian besar manusia yang hidup di muka bumi ini sangat merindukan yang namanya kebahagiaan. Betapa tidak? Karena hampir segala aspek atau sudut kehidupan manusia adalah bermuara pada kebahagiaan. Sekalipun sebenarnya ada juga orang tidak ingin menikmati kebahagiaan hidup itu bersama sesamanya.

Akan tetapi, tampaknya kekecewaan yang dialami oleh banyak orang adalah masalah serius yang menghambat mereka untuk menikmati kebahagiaan hidup ini. Kekecewaan adalah virus yang sangat ganas, mematikan dan dapat merusak kebahagiaan hidup setiap orang yang memberi makan dan memeliharanya. Dengan kata lain, bahwa kekecewaan adalah ibu yang melahirkan sifat dendam, kebenciaan, mencari-cari kesalahan orang lain, emosional yang berlebihan dan sifat-sifat jahat yang lainnya.

Jika kekecewaan itu tetap dipertahankan, dipelihara dan diberi makan secara rutin, maka ia akan mengkristal di dalam hati tuannya, sehingga kebahagiaan hidup yang telah Tuhan berikan atau tanamkan di dalam hati setiap orang itu pergi menjauh, dan bahkan meninggalkannya. Artinya, tidak ada satu hal pun yang berharga dan bermanfaat yang dapat dihasilkan oleh kekecewaan, kecuali kekecewaan itu sendiri.

Kekecewaan tidak akan pernah melahirkan keberhasilan, kesuksesan dan kebahagiaan hidup bagi mereka yang memeliharanya. Selain itu, kekecewaan juga dapat mendatangkan berbagai kepahitan hidup yang luar biasa beserta luka batin yang mendalam. Cepat atau lambat ia pasti akan mengerogoti dan merusak syaraf-syaraf atau organ-organ penting dalam hidup kita. Tidak hanya itu, bahkan hasil penelitian para dokter di California membuktikan, bahwa sebagian besar pasien yang mengidap penyakit borok usus besar, kanker hati, tumor ganas dan penyakit ganas lainnya disebabkan oleh kekecewaan yang sudah mengkristal dan mendalam.

Sungguh, kekecewaan yang mendalam telah merusak kebahagiaan hidup banyak orang. Kekecewaan membuat hidup ini menjadi sangat berat untuk dipikul menuju masa depan yang lebih baik. Bahkan kekecewaan juga merupakan tembok yang menghalangi kita untuk merasakan sukacita, kebahagiaan dan cinta kasih yang telah Tuhan berikan pada setiap orang. Akibat lain dari kekecewaan adalah kita tidak dapat menerima dan mengakui secara jujur akan kebaikan Tuhan melalui orang-orang yang ada di sekeliling kita.

So, jika kita terus-menerus mempertahankan dan membiarkan kekecewaan mengerogoti hidup kita, maka lambat laun kita akan menjadi manusia yang tidak lagi hidup normal. Pikiran, perasaan dan tindakan kita dihantui, diracuni dan dirusak olehnya. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak orang telah kehilangan harapan dalam menikmati hidupnya di dalam dunia ciptaan-Nya, yang adalah sebagai tempat satu-satunya yang diberikan Tuhan pada kita.

Karena itu, mulailah dari sekarang untuk membuang rasa kecewa yang selama ini kita pelihara, kemudian serentak dengan itu, kita juga harus memberikan ruangan yang luas dalam hati kita untuk pertumbuhan dan perkembangan kebahagiaan hidup ini. Selanjutnya, bersyukurlah untuk segala sesuatu yang terjadi dalam hidup ini, karena dengan demikianlah Anda dan saya telah berusaha untuk tidak memberikan tempat pada kekecewaan.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab atas kekecewaan seseorang, tetapi tidak ada cara lain yang dapat kita lakukan untuk menghilangkannya, kecuali membuangnya secara paksa. Dengan kata lain, adalah sangat menyakitkan saat kita berusaha membuangnya, tetapi sebenarnya itulah awal dari kebahagiaan yang sesungguhnya.

Karena itu, nikmatilah awal dari kebahagiaan hidup Anda yang sesungguhnya itu bersama orang-orang yang kita kasihi, dan semua orang yang ada disekitar kita. Karena mereka itulah bagian yang tak terpisahkan dan para sahabat terbaik yang telah Tuhan anugerahkan kepada kita. Oleh sebab itu, saya ucapkan selamat mencoba.


Salam kebahagiaan dan semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Argumentasi yang sangat brilian utk menyembuhkan penyakit hati..thanks

    ReplyDelete
  2. Sama-sama Nanda Najmi, terima kasih telah mampir ke blog saya
    kiranya apa yang saya sajikan bermanfaat.
    God Bless you everytime.

    ReplyDelete